tips-aman-mengendarai-mobil-matik-hero-auto-service

Tips Aman Mengendarai Mobil Matik

 

Mengendarai mobil dengan transmisi matik memang terlihat lebih mudah. Namun, jika tidak terampil dan berhati-hati saat berkendara, risiko kecelakaan dengan mobil tersebut pun cukup besar.

Kecelakaan sebuah mobil hatchback yang jatuh dari parkiran sebuah pusat perbelanjaan, menjadi salah satu contoh pelajaran bagi pengemudi mobil bertransmisi matik khususnya agar berhati-hati dalam berkendara. Pengemudi mobil dengan transmisi matik butuh teknik berkendara serta konsentrasi penuh agar tidak terjadi risiko kecelakaan.

Pemindahan posisi tuas pedal menjadi kunci bagi pengemudi matik agar dapat mengemudikan mobil dengan aman. Membiasakan diri untuk menempatkan tuas transmisi di posisi N (Netral) saat berhenti dapat menjadi salah satu cara. Contohnya saat lampu lalu lintas di warna merah atau macet, seringkali pengemudi matik memindahkan tuas
pedal ke posisi P serta tidak menggunakan hand brake. Hal itu dapat memicu terjadinya benturan pada mobil yang berada di belakang, karena dari posisi P jika turun satu maka langsung di R (reverse). Sebaiknya pindahkan tuas di posisi N (netral) sehingga jika turun langsung di D (drive).

Soal penggunaan hand brake, tak hanya berguna ketika melewati tanjakan atau turunan saja. Hand brake berfungsi dalam keadaan macet maupun berhenti agar tidak melaju sendiri serta tidak membuat komponen mobil cepat rusak. Saat berhenti dan pengemudi tidak menarik hand brake, komponen di dalam kendaraan bisa rusak karena mobil memaksa maju, tapi ditahan. Hal itu juga menyebabkan mobil lebih boros bahan bakar.

 

Sumber: Detik Oto

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*